Stimulus Sektor Bisnis Properti Indonesia

sektor properti

Sektor bisnis properti di Indonesia layak untuk masuk sebagai prioritas diutamakan pemerintah dan para investor di tengah perekonomian yang tertekan dampak pandemi Covid-19.

sektor properti

Sejumlah stimulus properti yang diberikan pemerintah tidak akan berdampak besar bila dilakukan dalam jangka pendek. Bank Indonesia telah mengeluarkan regulasi untuk membangkitkan sektor properti dan turunannya yakni uang muka (down payment/DP) kredit pemilikan rumah (KPR) 0 persen. (Di lansir dari ekonomi.bisnis.com Senin, 22 Maret 2021).

Otoritas moneter juga telah menurunkan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 3,50 persen serta kebijakan aset tertimbang menurut risiko (ATMR) pembiayaan beragun rumah tinggal yang granular dan ringan tergantung pada rasio loan to value (LTV).

Director Leads Property Darsono Tan memprediksi stimulus yang diberikan pemerintah ke sektor properti ini akan berdampak pada percepatan pemulihan perekonomian.

“Dengan adanya kombinasi 0 persen dan pemotongan pajak [PPN} sampai 100 persen, diharapkan akan mendorong penjualan,”  ujarnya kepada Bisnis pada Senin (15/3/2021).

Sementara itu Pengamat Properti dan CEO Panangian School of Properti Panangian Simanungkalit saat diwawancarai via online (22/03/2021), memberikan tanggapan dalam hal ini, “ya benar bahwa dampak stimulus itu tidak akan berdampak besar karena 2 alasan: Pertama, stimulus pembebasan pajak PPN ini hanya dikhususkan bagi pengembang yang memiliki rumah ready stock, yaitu rumah-rumah yang sudah siap diserahkan oleh pengembang kepada konsumen. Kedua, pemberlakuan kebijakn stimulus ini dibatas hanya sampai bulan Agustus 2021.”

Beliau juga menambahkan, “Tidak terlalu efektif juga kalau pemerintah langsung memperpanjang stimulus ini menjadi 1 tahun, atau 2 tahun, bahkan 3 tahun. Karena namanya juga stimulus, jadi tujuannya lebih untuk menggerakan bagian dari sektor bisnis properti, dan tentu saja sambil melihat dan  menunggu adanya perbaikan dalam proses pemulihan perekonomian dan daya beli masyarakat Itulah dasar tujuan  pemerintah dalam pemberian stimulus ini.” Tutupnya.

Ingin tahu prospek investasi properti di tahun ini? Investasi properti apa saja yang paling menguntungkan saat ini? Serta bagaimana tips dan trik memilih investasi yang paling menguntungkan tahun ini? Ikuti webinar berikut ini!

Mungkin anda juga suka artikel ini:

Lembaga-Lembaga Pendukung KPR

Lembaga-Lembaga Pendukung KPR

Di luar bank ada juga beberapa Lembaga yang mendukung pengajuan KPR khusus untuk kelompok konsumen tertentu. Misalnya,...

Atasi Masalah Kenali Solusi KPR

Atasi Masalah Kenali Solusi KPR

Banyak problem di seputar penyaluran KPR. Seperti permohonan KPR ditolak sehingga DP dipotong dan uang tanda jadi...

Bebas Pajak PPN Beli Rumah

Bebas Pajak PPN Beli Rumah

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah yang nyaman? Rumah yang nyaman adalah tidak hanya bisa menjadi tempat berlindung...

1 Comment

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *