Bagaimana Seharusnya Membeli Rumah Seken?

rumah seken
rumah seken

Dibanding rumah inden, membeli rumah seken jauh lebih aman, karena fisik bangunannya sudah jadi dan bisa dilihat secara langsung. Kita juga bisa menilai langsung desain arsitektur, spesifikasi dan kondisi bangunan, serta status kepemilikannya (hak milik, HGB, dan lain-lain). Lingkungan sosialnya juga sudah terbentuk, infrastuktur dan utilitas kawasan sudah berjalan, harga rumah bisa ditawar apalagi jika pemilik sedang terdesak butuh uang, bangunan bisa langsung ditempati, pajak relative lebih murah, risiko investasi minimal karena lingkungan sudah mapan, dan kehidupan kita bisa langsung running karena semua infrastruktur pendukung sudah tersedia. Namun, rumah seken juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu:

Pertama, kita harus banyak mendatangi lokasi untuk mendapatkan penawaran, karena di satu lokasi pilihan sangat terbatas dan belum tentu cocok untuk kita.

Kedua, kekuatan struktur rumah seken dan kualitas material yang diaplikasikan pada rumah seken sulit dipastikan kebenarannya, sehingga kita bisa keluar banyak biaya untuk memperbaiki bangunan.

Ketiga, desain dan rancang bangunannya juga sudah given sehingga butuh biaya besar kita mau mengubahnya sesuai selera dan kebutuhan.

Keempat, rumah-rumah tertentu di kawasan seperti Menteng dan Kebayoran Baru di Jakarta atau Ijen di Malang (Jawa Timur), bahkan sama sekali tidak boleh diubah desain arsitekturnya karena ditetapkan sebagai cagar budaya. Kalaupun harus direnovasi, proses perizinan dan kontruksinya juga dikontrol ketat oleh pemerintah setempat.

Kelima, pada rumah seken berstatus hak guna bangunan (HGB) masa berlaku hak itu mungkin sudah mau habis sehingga kita harus memperpanjangnya lagi atau mengajukan perubahan status hak ke kantor pertahanan agar dapat  menjadi hak milik.

Ingin tahu prospek investasi properti di tahun ini? Investasi properti apa saja yang paling menguntungkan saat ini? Serta bagaimana tips dan trik memilih investasi yang paling menguntungkan tahun ini? Ikuti webinar berikut ini!

Mungkin anda juga suka artikel ini:

Lembaga-Lembaga Pendukung KPR

Lembaga-Lembaga Pendukung KPR

Di luar bank ada juga beberapa Lembaga yang mendukung pengajuan KPR khusus untuk kelompok konsumen tertentu. Misalnya,...

Atasi Masalah Kenali Solusi KPR

Atasi Masalah Kenali Solusi KPR

Banyak problem di seputar penyaluran KPR. Seperti permohonan KPR ditolak sehingga DP dipotong dan uang tanda jadi...

KPR Lebih Menguntungkan?

KPR Lebih Menguntungkan?

Ini Alasan Mengapa KPR Lebih Menguntungkan kpr Selain lebih aman, membeli rumah dengan KPR juga lebih menguntungkan...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.