9 Faktor Survei Lokasi Rumah

rumah survei

Wajib Tahu 9 Faktor Survei Lokasi Rumah

survei rumah

Saat sudah merencanakan rumah seperti apa yang akan dibeli, lokasi dan harganya, serta kapan waktu yang tepat untuk membeli rumah, langkah selanjutnya Anda perlu mendatangi sejumlah lokasi perumahan di beberapa kawasan berbeda dan tentunya memenuhi kebutuhan tersebut. Anda juga perlu membandingkan satu sama lain mengenai tipe rumah sebelum memutuskan memilih diantaranya. Berikut 9 faktor yang harus diperhatikan, dalam memilih rumah:

1. Aksesibilitas

Aksesibilitas perumahan dari dan ke tempat beraktivitas kerja. Apakah sudah cukup lancar? Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, apakah tersedia moda transportasi umum seperti bus dan kereta yang tentunya mudah dijangkau dari rumah? Jika tersedia, berapa biaya transportasi yang harus dikeluarkan setiap hari untuk pergi dan pulang kerja? Dengan begitu, tentu Anda dapat memutuskan lokasi rumah yang biaya transportasinya paling efisien.

2. Fasilitas

Fasilitas standar di dalam atau di dekat perumahan, yaitu kantor lurah/kepala desa, kantor polisi, sekolah (minimal TK-SD), pasar atau supermarket, klinik atau rumah sakit, dan rumah ibadah. Berbagai fasilitas tersebut sebaiknya cukup mudah dicapai dari rumah, agar dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan keperluan sebagai warga negara, sekaligus memberikan rasa aman.

3. Spesifikasi

Spesifikasi rumah baik menyangkut desain lay out maupun pilihan material cukup memadai dibanding harga jualnya. Penilaian memang akan subjektif tergantung sudut pandang setiap orang. Namun,  dengan melihat langsung ke lokasi kita akan bisa memberikan penilaian, dan yang paling penting adalah pondasi, struktur, kualitas, lantai, dinding, atap, rangka atap, plafon, dan pemasangan utilitas.

4. Kualitas

Pengembangan perumahan baik menyangkut jaringan infrastruktur seperti jalan dan saluran utilitas seperti jaringan listrik, air, dan telepon, maupun fasilitas dan kenyamanan seperti ruang terbuka hijau, taman, tidak terlalu dekat dengan pabrik, cukup baik, dan lain-lain. Sistem drainase perumahan juga cukup baik mengalirkan air dan tidak diperkeras dasarnya sehingga mampu menyerap air.

5. Lingkungan

Lingkungan perumahan cukup aman, kondusif, dan bebas banjir. Untuk itu Anda perlu survei suasana perumahan, dan bertanya kepada warga sekitar perumahan. Lokasi perumahan sebaiknya berada dekat Kawasan pemukiman yang sudah berkembang, karena perumahan dengan lokasi seperti itu cenderung lebih cepat dihuni.

6. Legalitas

Legalitas proyek menyangkut izin lokasi/SIPPT, sertifikat atas nama developer, IMB, sampai Analisa mengenai dampak lingkungan untuk perumahan di lokasi tertentu seperti di pinggir pantai dan di perbukitan. Akan lebih baik lagi jika saat bertransaksi sertifikat rumah sudah dipecah oleh develover.

7. Reputasi Developer

Sebaiknya beli perumahan yang dikembangkan pengembang yang sudah cukup baik rekam jejaknya. Rumah baru umumnya masih berupa gambar. Jaminan bahwa rumah memang akan dibangun hanya reputasi developernya. Perlindungan konsumen di negeri ini masih sangat lemah.

8. Fasilitas KPR

Apakah rumah bisa dibeli dengan fasilitas KPR? Untuk itu apakah developer sudah bekerjasama dengan sejumlah bank? Ini penting, bukan hanya supaya kita mudah mengurus KPR, karena jika developer sudah bekerjasam, biasanya pengurusan KPR akan dibantu developer secara kolektif, akan tetapi kerjasama dengan bank menunjukkan developer cukup kredibel.

9. Survei Langsung

Lihat langsung rumah yang diminati ke lokasi, dengan begitu kita bisa merasakan apakah sebuah rumah memang sudah pas di hati atau belum. Kita juga bisa bertanya kepada developer dan warga sekitar, tentang bagaimana riwayat tanah, bagaimana air tanahnya, apakah kawasan terbilang rawan serangan rayap, dan lain-lain.

Ingin tahu prospek investasi properti di tahun ini? Investasi properti apa saja yang paling menguntungkan saat ini? Serta bagaimana tips dan trik memilih investasi yang paling menguntungkan tahun ini? Ikuti webinar berikut ini!

Mungkin anda juga suka artikel ini:

Lembaga-Lembaga Pendukung KPR

Lembaga-Lembaga Pendukung KPR

Di luar bank ada juga beberapa Lembaga yang mendukung pengajuan KPR khusus untuk kelompok konsumen tertentu. Misalnya,...

Atasi Masalah Kenali Solusi KPR

Atasi Masalah Kenali Solusi KPR

Banyak problem di seputar penyaluran KPR. Seperti permohonan KPR ditolak sehingga DP dipotong dan uang tanda jadi...

KPR Lebih Menguntungkan?

KPR Lebih Menguntungkan?

Ini Alasan Mengapa KPR Lebih Menguntungkan kpr Selain lebih aman, membeli rumah dengan KPR juga lebih menguntungkan...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *