Pasar Bisnis Properti Di Indonesia

business
properti bisnis

Bagaimana pembagian pasar investasi properti bisnis di Indonesia, dilihat dari sudut pandang pelaku-pelaku investasi properti. Keutungan apa saja yang kamu peroleh, dalam menjalankan properti bisnis? Pasar investasi properti bisnis di Indonesia dari sisi “best practise” dapat dibagi menjadi lima bagian, yaitu:

5 Jenis Pasar Bisnis Properti Di Indonesia

1. Pasar Tanah (Undeveloped Land Market)

Pasar tanah yang belum dikembangkan dikendalikan sekelompok pembeli dan penjual, yang melakukan transaksi hak-hak atas tanah. Biasanya para pengembang membeli tanah dari pemilik tanah di suatu kawasan. Kemudian pengembang itu akan mengembangkan tanahnya, lalu membangun properti di atas tanah tersebut, antara lain: rumah, ruko, trade center, townhouse, pusat perbelanjaan, ruang perkantoran dan lain sebagainya.

2. Pasar Investasi Tanah Kavling (Developed Land)

Pengembang yang membangun kawasan-kawasan perumahan pada umumnya selain menjual rumah ataupun ruko disuatu kawasan perumahan, juga menjual tanah-tanah kavling kepada konsumen yang ingin mendesain rumahnya sendiri di atas tanah di kawasan perumahan itu.

3. Pasar Properti (Property Market)

Pasar properti seperti: ruko, rumah, rukan, townhouse, apartemen dan lain sebagainya, secara umum dibagi menjadi dua bagian besar yaitu, pasar primer (primary market) dan pasar sekunder (secondary market). Jenis pasar properti ini dikendalikan oleh pengembang dan investor perorangan. Pasar primer adalah pasar penjualan rumah baru yang dibangun oleh pengembang, kemudian dijual kepada pembeli.

4. Pasar Properti Yang Disewakan (Income Property Market)

Pasar properti yang disewakan seperti: ruko, rumah, rukan, townhouse, apartemen dan lain sebagainya, adalah pasar properti yang tujuan investasinya lebih bersifat jangka panjang. Jenis pasar properti ini dikendalikan oleh pengembang, investor institusi dan perorangan. pengembang membeli tanah lalu mengembangkan properti-properti untuk kemudian disewakan.

5. Pasar Properti Yang Memiliki Goodwill (Property Business Market)

Pasar bisnis properti jenis ini dikendalikan oleh kelompok perseorangan dan pengembang perusahaan yang membeli tanah kosong dan mengembangkan bangunan serta membentuk tim manajemen pengelola dengan tujuan investasi sekaligus mengelolanya menjadi satu unit bisnis.

Ingin tahu prospek investasi properti di tahun ini? Investasi properti apa saja yang paling menguntungkan saat ini? Serta bagaimana tips dan trik memilih investasi yang paling menguntungkan tahun ini? Ikuti webinar online berikut ini!

Mungkin anda juga suka artikel ini:

Kebijakan Investasi

Kebijakan Investasi

15 Kebijakan Investasi Seorang Miliarder Sekarang tiba saatnya Anda menetapkan kebijakan-kebijakan investasi properti...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *