Pandemi Malah Beli Rumah? Emang Untung?

beli rumah
investasi

Beban perekonomian yang ditimbulkan oleh pandemi ini terasa sangat berat. Ternyata juga berdampak pada sector properti.

Senior Manager BRI, Andi Halim, menilai saat ini merupakan waktu yang tepat bagi milenial atau masyarakat untuk berinvestasi pada properti. Salah satunya karena meski di tengah pandemi Covid-19, justru saat ini harga properti sedang turun. Di lansir (Selasa, 9 Maret 2021 liputan6.com)

“Tren untuk investasi properti di Indonesia sekarang sedang sangat bagus-bagusnya. Karena sedang terjadi penurunan harga untuk semua rumah, baru ataupun bukan,” kata Andi dalam Edutainment Talkshow Vol. 3 hanya di KPR BRI Virtual Expo di Vidio.com pada Sabtu (6/3/2021).

Selain itu, katanya, jika konsumen juga bisa berinvestasi pada properti untuk rumah kedua ini juga merupakan momen yang tepat mengingat sedang terjadi penurunan harga. Rumah tersebut nanti bisa disewakan, sehingga bisa mendapatkan pemasukan.

Sementara itu Pengamat Properti dan CEO Panangian School of Property Panangian Simanungkalit saat diwawancarai via online, memberikan tanggapan dalam hal ini, “dilihat dari timingnya betul saat ini adalah waktu yang tepat membeli rumah terutama untuk kalangan milenial yang baru pertama kali dalam membeli rumah (first time home buyer). Tetapi masalah utama dalam pembelian rumah di Indonesia saat ini adalah masih tingginya tingkat suku bunga saat ini di Indonesia, bila dibandingkan dengan di luar negeri.”

Beliau menambahkan, di Indonesia rata-rata tingkat suku bunga KPR sekitar 10%. Padahal tingkat bunga acuan dari BI sudah turun jauh dari sekitar 6%, menjadi saat ini hanya 3,5%, tetapi tingkat suku bunga KPR masih tetap saja bertahan di 10%. Bandingkan di Singapura hanya 2,5%, Malaysia 3,5%, Filipina juga sekitar 4%.

“Akibatnya kalangan milenial seperti bekerja keras hanya untuk membesarkan bank. Contohnya, kalau kalangan milenial membeli rumah seharga IDR 500 juta dengan cicilan selama 20 tahun, maka biaya seluruh bunganya bahkan bisa lebih besar dari harga rumahnya. Artinya para milenial seperti bekerja keras untuk membesarkan bank saja, makanya dengan bunga yang masih tinggi seperti sekarang kalangan milenial lebih disarankan untuk menyewa rumah saja sementara waktu, karena sewa rumah hanya sekitar 1,5%-2% per tahun dari harga rumahnya.”

Ingin tahu prospek investasi properti di tahun ini? Investasi properti apa saja yang paling menguntungkan saat ini? Serta bagaimana tips dan trik memilih investasi yang paling menguntungkan tahun ini? Ikuti webinar berikut ini!

Mungkin anda juga suka artikel ini:

Bebas Pajak PPN Beli Rumah

Bebas Pajak PPN Beli Rumah

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah yang nyaman? Rumah yang nyaman adalah tidak hanya bisa menjadi tempat berlindung...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *