Masalah Transaksi Rumah dan Bagaimana Solusinya

transaksi rumah

Meskipun sudah memiliki UU perlindungan konsumen, konsumen di negeri ini masih jauh dari terlindungi. Berikut sejumlah masalah pembeli rumah yang lain dan saran solusi untuk mengatasinya:

transaksi rumah
  • Bunga KPR Naik, Cicilan Meningkat

Bila bunga pasar naik, bunga KPR ikut naik sehingga cicilan bulan berikutnya juga meningkat. Akibatnmya, kita kesulitan meneruskan cicilan. Cara lain mengurangi cicilan bisa dengan memperbesar uang muka rumah, mengambil periode kredit yang paling panjang (20 tahun misalnya), atau memilih rumah yang lebih kecil atau lebih murah.

  • KPR Lunas, Sertifikat Rumah Belum Diserahkan

Tanah perumahan yang dikembangkan developer umumnya berasal dari banyak pemilik. Karena itu statusnya juga beraneka. Ada yang baru girik, ada yang sudah HGB (SHGB), ada yang sudah hak milik (SHM), ada yang bahkan tidak dilengkapi dokumen. Setelah dibeli semua tanah itu disertifikatkan atas nama developer dengan status HGB. Inilah yang disebut sertifikat induk.

  • Permohonan KPR Ditolak

Pertimbangan utama bank menerima atau menolak permohonan KPR bukan besar kecilnya nilai rumah yang diagunkan, tapi kemampuan mencicil debitor. Karena itu kalau permohonan KPR Anda ditolak, berarti bank meragukan kapasitas keuangan Anda. Penyebabnya harus ditelusuri pada faktor-faktor yang kira-kira memengaruhi penilaian tersebut

  • Serah Terima Rumah Meleset

Masalah ini terbilang paling banyak diadukan konsumen ke YKLI. Banyak faktor yang menyebabkannya. Misalnya, jumlah rumah yang laku belum mencapai skala yang cukup ekonomis untuk dibangun, sehingga developer menunda konstruksi.

  • Spesifikasi Bangunan Tidak Sesuai Janji

Dalam brosur developer hanya menyebutkan spesifikasi material secara umum. Tapi, kini sudah ada beberapa yang berani mencantumkan merek dalam PPJB. Bila memungkinkan beli rumah diperumahan seperti itu, jika tidak minta developer menyebutkan spesifikasi material itu dalam PPJB atau AJB secara jelas.

  • Bangunan Tidak Rapi

Kiat lain dengan mencek proses pembangunan rumah, sehingga Anda tahu kualitas pengerjaannya dan bisa segera mengoreksi bila ada yang tidak memuaskan.

  • Pembangunan Tidak Sesuai Konsep Awal

Lebih baik fokus memastikan posisi rumah supaya jauh dari gardu listrik, tidak di bawah saluran listrik tegangan tinggi, tidak akan tergusur jalan tol, dan lain-lain. Untuk itu cek langsung ke lokasi dan cari informasi di dinas tata kota setempat karena semua itu tidak tergambar di master plan.

  • Ukuran Kaveling Tidak Sesuai Sertifikat

Pastikan ukuran kaveling resmi tercantum dalam PPJB dan AJB termasuk posisinya di site plan. Untuk itu tambahkan klausul sanksi bagi developer bila saat serah terima, luas kaveling tidak sesuai AJB.

  • Kaveling Dipindahkan Tanpa Persetujuan Konsumen

Masalah ini bisa diantisipasi dengan meminta developer menambahkan klausul pemindahan posisi kaveling dalam PPJB. Untuk itu di PPJB pastikan kaveling Anda sesuai site plan.

  • Komplain Tidak Ditanggapi Selama Masa Garansi

Cek proses pembangunan, agar Anda mengetahui sejak dini potensi masalah pada rumah dan segera meminta developer mengatasinya.

  • Pengelolaan Lingkungan Tidak Memuaskan

Dalam hal ini harus jelas standar pengelolaan lingkungan yang diinginkan, karena akan berujung pada nilai iuran yang harus dibayar.

  • Banyak Rumah Beralih Fungsi

Sebaiknya ada kesepakatan warga untuk tidak mengubah peruntukan rumah, karena bukan hanya melanggar tapi juga mengganggu penghuni lain.

  • Fasilitas Tidak Direalisasikan

Fasilits yang bisa Anda tanyakan hanya fasilitas (fasos fasum) yang wajib disediakan sesuai dengan master plan, dan mengadukan ke pemerintah setempat bila developer tidak merealisasikannya.

  • Perumahan Terendam Banjir

Tanya juga warga sekitar perumahan mengenai kondisi kawasan, apakah tergenang saat hujan lebat atau tidak, dalam sebagian kasus banjir lebih disebabkan oleh buruknya pengelolaan kota dan rusaknya area resapan air di hulu.

  • Developer Tidak Membangun Rumah

Saat membeli rumah Anda perlu cek legalitasnya, agar aman beli dengan KPR karena bank akan ikut menelusuri legalitas dan reputasi developer.

Ingin tahu prospek investasi properti di tahun ini? Investasi properti apa saja yang paling menguntungkan saat ini? Serta bagaimana tips dan trik memilih investasi yang paling menguntungkan tahun ini? Ikuti webinar berikut ini!

Mungkin anda juga suka artikel ini:

Lembaga-Lembaga Pendukung KPR

Lembaga-Lembaga Pendukung KPR

Di luar bank ada juga beberapa Lembaga yang mendukung pengajuan KPR khusus untuk kelompok konsumen tertentu. Misalnya,...

Atasi Masalah Kenali Solusi KPR

Atasi Masalah Kenali Solusi KPR

Banyak problem di seputar penyaluran KPR. Seperti permohonan KPR ditolak sehingga DP dipotong dan uang tanda jadi...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *