Lembaga-Lembaga Pendukung KPR

lembaga kpr
lembaga KPR

Di luar bank ada juga beberapa Lembaga yang mendukung pengajuan KPR khusus untuk kelompok konsumen tertentu. Misalnya, Jamsostek untuk debitor dari kalangan pekerja yang menjadi anggotanya, Taperum untuk pegawai negeri sipil (PNS), Yayasan Tabungan Kesejahteraan Perumahan Prajurit (YTKPP) dan ASABRI untuk anggota TNI dan Polri.

Biasanya bentuk bantuan yang diberikan adalah bantuan uang muka rumah, bantuan pembangunan rumah sehingga harga rumah lebih terjangkau oleh anggota masing-masing, atau pinjaman lunak uang muka yang bisa diangsur selama periode KPR. Misalnya, untuk rumah Rp100 juta, uang mukanya minimal Rp10 juta.

Menurut Kepres mengenai Taperum, lembaga ini hanya bisa membantu uang muka semaksimal Rp2,5 juta/PNS. Karena itu untuk mensiasatinya Taperum pun memberikan pinjaman lunak sebesar maksimal Rp8 juta/PNS.

Bunganya jauh lebih rendah dari bunga pasar, dan periode pengembaliannya bisa sepanjang masa KPR. Jadi, sangat meringankan PNS yang berpenghasilan kecil. Bisa juga Taperum atau Jamsostek memberikan pinjaman kepada developer berupa kredit kontruksi berbunga rendah sehingga pengembang bisa mengembangkan perumahan dengan harga rumah yang terjangkau oleh PNS dan kaum pekerja.

Pekerja, PNS, dan anggota TNI/Polri bisa memanfaatkan bantuan berbagai institusi itu untuk memudahkan mendapatkan KPR. Pasalnya, penyaluran bantuan atau pinjaman lunak itu biasanya juga dilakukan lembaga-lembaga tersebut melalui sistem perbankan. Dengan memanfaatkan bantuan itu, bank akan lebih percaya menyalurkan KPR kepada debitor karena ada semacam endorsement atau “garansi” dari lembaga-lembaga tersebut.

Untuk bisa menikmatinya PNS, pekerja, dan anggota TNI/Polri tinggal menghubungi bagian personalia di kantor masing-masing. Sejak era otonomi daerah penyalurannya juga sudah didesentralisasi ke daerah-daerah . biasanya prosesnya tidak sulit, karena sumber dana lembaga-lembaga itu juga berasal dari potongan gaji para pegawainya sendiri.

Ingin tahu prospek investasi properti di tahun ini? Investasi properti apa saja yang paling menguntungkan saat ini? Serta bagaimana tips dan trik memilih investasi yang paling menguntungkan tahun ini? Ikuti webinar berikut ini!

Mungkin anda juga suka artikel ini:

Atasi Masalah Kenali Solusi KPR

Atasi Masalah Kenali Solusi KPR

Banyak problem di seputar penyaluran KPR. Seperti permohonan KPR ditolak sehingga DP dipotong dan uang tanda jadi...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *