Kenyamanan dan Fungsional Tinggal di Apartemen

Apartemen adalah blok bangunan yang di dalamnya terbagi-bagi dalam sejumlah ruang atau unit, yang dipasarkan secara strata title atau disewakan. Pada umumnya kalangan muda yang bekerja atau para pebisnis muda lebih produktif, sebenarnya tinggal di apartemen adalah pilihan yang paling tepat.

tinggal di apartemen

Mengapa Memilih Tinggal di Apartemen?

Lokasi apartemen biasanya di tengah kota yang dekat dengan berbagai pusat kegiatan (bisnis, komersial, pendidikan, kesehatan, hiburan, dan lain-lain). Untuk pasangan muda namun penghasilannya belum begitu tinggi, memilih apartemen adalah pilihan yang tepat karena tidak harus mengeluarkan biaya transportasi yang besar. Hanya saja memang, tinggal di apartemen menuntut sikap yang rasional, efisien, simple, praktis, dan mandiri.

Sudah Siap Tinggal Di Apartemen?

Tenggang rasa juga harus tinggi karena tetangga kita tidak hanya di samping kiri dan kanan tapi juga di atas dan di bawah. Menerima tamu dan mengundang kerabat pun tidak bisa sesuka kita seperti di rumah. Di apartemen kita juga tidak bisa berkebun atau memelihara pohon seenaknya, kecuali pohon yang moveable di dalam toples atau pohon yang ditanam dengan sistem hidroponik.

Mengoleksi barang pun harus diperhitungkan, karena kalau terlalu banyak tidak mungkin ditempatkan pada satu unit apartemen. Sementara menaruh barang di koridor akan menghalangi hak bersama, dan juga berbahaya. Jika terjadi keadaan darurat, barang-barang tersebut akan mengganggu mobilitas penghuni apartemen yang menyelamatkan diri atau evakuasi.

Unit apartemen adalah bagian apartemen yang dipakai secara terpisah sebagai hunian yang memiliki sarana penghubung ke jalan umum. Unit apartemen inilah yang dibeli atau disewa dan menjadi milik kamu. Penting untuk mengenal batas unit apartemen kamu, untuk mengetahui bagian mana saja yang menjadi hak dan tanggung jawab pribadi kamu, mana tanggung jawab pengelola.

Hak bersama pada apartemen terbagi dalam (bagian bersama, benda bersama, tanah bersama). Bagian bersama adalah bagian dari apartemen yang tidak dapat dipisahkan dari unit apartemen, dimiliki dan dipakai bersama oleh penghuni seperti jaringan telepon, air bersih, listrik, lift, tangga, area parkir, lobi, selasar, dan lain-lain yang dianggap bagian bersama oleh penghuni.

Benda bersama adalah benda-benda yang berdiri sendiri atau terpisah dari apartemen, tapi dimiliki dan dipakai bersama seperti kolam renang, pos jaga, tanda lalu lintas, bangunan sarana sosial, dan lain-lain yang dianggap bagian bersama oleh penghuni. Tanah bersama adalah tanah tempat berdirinya bangunan apartemen. Setiap penghuni apartemen berhak atas unit apartemen tersebut. Penting bagi kita tahu seberapa besar hak dan kewajiban kita.

Ingin tahu prospek investasi properti di tahun ini? Investasi properti apa saja yang paling menguntungkan saat ini? Serta bagaimana tips dan trik memilih investasi yang paling menguntungkan tahun ini? Ikuti webinar online berikut ini!

Mungkin anda juga suka artikel ini:

Bagaimana Cara Aman Memilih KPR?

Bagaimana Cara Aman Memilih KPR?

Untuk bisa memiliki rumah pada zaman seperti sekarang umumnya orang tidak bisa mengandalkan dananya sendiri. Kita...

9 Faktor Survei Lokasi Rumah

9 Faktor Survei Lokasi Rumah

Wajib Tahu 9 Faktor Survei Lokasi Rumah Saat sudah merencanakan rumah seperti apa yang akan dibeli, lokasi dan...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *