Techno

Huawei dan BRIN Jajaki Pengembangan Riset dan Inovasi Besama

Badan Inovasi dan Riset Republik Indonesia (BRIN) menjajaki peluang kerjasama riset dan inovasi dengan perusahaan raksasa teknologi China, Huawei. Hal itu mengemuka saat Kepala Badan Inovasi dan Riset Republik Indonesia (BRIN) Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc. menyambangi ke Pusat Inovasi Huawei baru baru ini. Handoko menegaskan komitmen jangka panjang lembaganya untuk bekerja sama dalam suatu kerangka kerja untuk mengakselerasi kegiatan penelitian, riset dan pengembangan teknologi di Indonesia.

“Dalam pengembangan R&D di Indonesia, BRIN memang ingin memiliki bermitra dengan Huawei yang memiliki ‘jam terbang’ yang sudah diakui keandalannya di dunia. Huawei memiliki lebih dari separuh karyawan bekerja di bidang R&D," ujarnya. "Kami berharap dapat berkolaborasi dalam R&D di Indonesia, entah dalam bentuk laboratorium bersama atau kerjasama yang saling menguntungkan lainnya,” tutur Handoko. Pusat Inovasi Huawei adalah sarana alih pengetahuan edukatif yang disiapkan Huawei Indonesia yang menyajikan use case dan contoh contoh inovasi berbasis teknologi digital mutakhir seperti 5G, cloud, kecerdasan buatan (AI), machine learning, pada papan tulis pintar Huawei IdeaHub.

Pusat Inovasi Huawei ini terbuka bagi periset, akademisi, maupun publik yang ingin belajar lebih banyak tentang solusi teknologi yang sedang diadopsi Huawei sebagai solusi berbagai persoalan yang dihadapi berbagai sektor dan industri. CEO Huawei Indonesia Jacky Chen menegaskan Huawei berkomitmen menghadirkan manfaat transformasi digital secara menyeluruh kepada setiap lapisan masyarakat Indonesia sejak kehadirannya di Indonesia 21 tahun lalu. “Inovasi, penelitian, riset, dan pengembangan merupakan bagian inti DNA Huawei. Hingga 15 persen anggaran kami dialokasikan kepada kegiatan riset dan pengembangan, sementara lebih dari setengah pegawai Huawei juga terlibat penuh dalam riset dan pengembangan," ungkapJacky Chen.

Dia menambahkan, strategi ini membuahkan hasilnya ketika kami terbukti mampu mengontribusikan berbagai solusi teknologi untuk beragam sektor di beberapa negara di masa pandemi, termasuk Indonesia.

Comment here