Bagaimana Pasar Lokal Membentuk Harga-Harga Properti?

harga properti
harga properti

Suatu properti, mempunyai karakteristik pasar yang unik. Pergerakan harga atau nilai suatu properti, sangat dipengaruhi oleh dinamika pasar lokal properti tersebut. Pergerakan harga menentukan perilaku pembeli lokal selalu mereflesikan bagaimana kekuatan permintaan dan penawaran atau pasakoan yang terjadi di lapangan.

Proses Pembentukan Harga Pasar Properti

Seseorang yang ingin menjual suatu properti umumnya akan menyelidiki harga sebelum menawarkannya di pasar. Apabila penyelidikannya dianggap cukup, maka penjual akan menentukan suatu harga minimal (floor price), yaitu batas harga minimal sehingga agar penjual bersedia menjual properti. Sebaliknya, pembeli juga akan melakukan hal serupa yaitu membandingkan harga-harga penawaran properti dengan harga-harga properti lain yang sebanding sebelum membeli.

Harga-Harga Pasar Yang Wajar Dalam Pasar Lokal

Harga-harga pasar properti (market price) adalah harga-harga yang berada di antara floor price yang diinginkan oleh penjual, dan ceiling price yang dapat diterima oleh pembeli. Jika akhirnya terjadi kesepakatan menerima suatu harga tertentu (transaksi).

Dinamika Pergerakan Harga-harga Pada Suatu Pasar Lokal

Bila pada suatu saat bertemu di pasar banyak peminat yang ingin membeli properti, misalnya pada kondisi ekonomi yang baik, suku bunga rendah, atau terjadi saat sellers market maka harga cenderung akan bergerak naik ke ceiling price. Demikian pula sebaliknya, jika pada suatu ketika banyak orang yang ingin menjual rumah, karena kesulitan ekonomi atau suku bunga sedang tinggi atau terjadi saat buyers market, maka harga cenderung akan bergerak ke floor price, dengan kata lain turun harga.

Pergerakan harga ini akan memengaruhi sisi supply (penjual) dan sisi demand (pembeli). Jika harga mulai naik pada umumnya akan mendorong penjual lebih banyak lagi datang ke pasar untuk menjual. Ini terjadi pada saat sellers market. Namun jika harga terus naik dan dianggap terlalu tinggi oleh pembeli, maka pembeli akan menunda transaksi ini terjadi pada saat weak market. Harga akan berhenti naik atau justru cenderung turun.

Hal ini akan mendorong penjual meninggalkan pasar, menunda penjualan ini terjadi pada saat buyers market. Akan tetapi, pada saat bersamaan pembeli akan lebih banyak lagi ingin membeli, ini terjadi pada saat soft market.

Ingin tahu prospek investasi properti di tahun ini? Investasi properti apa saja yang paling menguntungkan saat ini? Serta bagaimana tips dan trik memilih investasi yang paling menguntungkan tahun ini? Ikuti webinar berikut ini!

Mungkin anda juga suka artikel ini:

Bagaimana Cara Aman Memilih KPR?

Bagaimana Cara Aman Memilih KPR?

Untuk bisa memiliki rumah pada zaman seperti sekarang umumnya orang tidak bisa mengandalkan dananya sendiri. Kita...

Kebijakan Investasi

Kebijakan Investasi

15 Kebijakan Investasi Seorang Miliarder Sekarang tiba saatnya Anda menetapkan kebijakan-kebijakan investasi properti...

9 Faktor Survei Lokasi Rumah

9 Faktor Survei Lokasi Rumah

Wajib Tahu 9 Faktor Survei Lokasi Rumah Saat sudah merencanakan rumah seperti apa yang akan dibeli, lokasi dan...

1 Comment

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *