Bagaimana Memperkirakan Okupansi Apartemen?

hunian apartemen
hunian apartemen tinggal

Tingkat hunian juga menentukan pemilihan apartemen. Tentunya Anda pasti tidak mau tinggal di apartemen yang kosong, bukan? Apartemen yang tidak banyak dihuni juga cenderung rendah kualitas pengelolaanya di satu sisi, di sisi lain lebih tinggi biaya pengelolaan atau service charge-nya. Developer yang menguasai unit paling banyak bisa memaksakan pengenaan service charge yang melebihi semestinya dalam rapat PPRS.

Selain itu, makin tinggi tingkat hunian apartemen makin mudah menyewakannya. Hanya karena masih berupa gambar, kita memang masih sukar memastikan tingkat hunian apartemen inden, yang paling mungkin adalah memperkirakannya dengan melihat beberapa indikator berikut ini:

Lokasi Sesuai Pendapatan

Pastikan hunian apartemen dibangun di lokasi yang sesuai dengan tingkat pendapatan dan gaya hidup basic income atau segmen yang menjadi target pasarnya, dan apartemen mudah dicapai dari pusat aktivitas.

Unit

Bandingkan jumlah Menara hunian apartemen dan jumlah unitnya. Jika menara dan jumlah unit di setiap lantai apartemen banyak dan serba kecil, lalu ada yang membeli dua tiga unit sekaligus, kemungkinan besar apartemen lebih banyak dibeli investor bukan end user.

Mix Used

Jika hunian apartemen dibangun di kawasan berbentuk mix used yang menggabungkan fungsi hunian dan fungsi lain, lihat apakah apartemen berdiri di atas mal atau terpisah. Bila dicampur antara mal dan apartemen orang cenderung enggan tinggal di apartemen itu karena privasinya akan terganggu.

Fasilitas

Kelengkapan fasilitas di sekitar hunian apartemen. Mulai dari perkantoran atau tempat usaha, pusat belanja, rumah sakit, sarana pendidikan dan olah raga, sampai tempat hiburan. Makin lengkap apartemen dan makin mudah fasilitas itu diakses, makin besar kemungkinan apartemen banyak dihuni. Penghuni apartemen tak perlu ke mana-man untuk memenuhi semua kebutuhan dan gaya hidup.

Ekspatriat

Hunian apartemen sebaiknya juga menyasar kalangan ekspatriat atau dekat dengan kawasan yang disukai dan banyak dihuni ekspatriat. Apartemen begini biasanya juga cenderung banyak dihuni, karena banyak orang asing akan menyewa apartemen.

Ingin tahu prospek investasi properti di tahun ini? Investasi properti apa saja yang paling menguntungkan saat ini? Serta bagaimana tips dan trik memilih investasi yang paling menguntungkan tahun ini? Ikuti webinar berikut ini!

Mungkin anda juga suka artikel ini:

Lembaga-Lembaga Pendukung KPR

Lembaga-Lembaga Pendukung KPR

Di luar bank ada juga beberapa Lembaga yang mendukung pengajuan KPR khusus untuk kelompok konsumen tertentu. Misalnya,...

Atasi Masalah Kenali Solusi KPR

Atasi Masalah Kenali Solusi KPR

Banyak problem di seputar penyaluran KPR. Seperti permohonan KPR ditolak sehingga DP dipotong dan uang tanda jadi...

Bebas Pajak PPN Beli Rumah

Bebas Pajak PPN Beli Rumah

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah yang nyaman? Rumah yang nyaman adalah tidak hanya bisa menjadi tempat berlindung...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *