Atasi Masalah Kenali Solusi KPR

kpr rumah
rumah  kpr

Banyak problem di seputar penyaluran KPR. Seperti permohonan KPR ditolak sehingga DP dipotong dan uang tanda jadi (booking fee) hilang. Untuk meminimalisir kemungkinan itu, solusi paling mudah adalah meminta KPR secara realistis atau yang benar-benar mampu dicicil.

Untuk itu sebelum mengajukan KPR, datangi kantor cabang bank dan buka komputer simulasinya. Masukan data harga rumah, DP yang akan dibayar, periode dan bunga KPR regular, serta penghasilan Anda per bulan. komputer akan menampilkan cicilan yang harus dibayar setiap bulan supaya lebih safe simulasi jangan hanya dengan satu bunga.

Jika simulasi pertama dengan bunga 12%, yang kedua 13 atau 14%, untuk mengantisipasi bila bunga naik akibat kenaikan bunga pasar, Anda tetap mampu membayar cicilan. Ingat, cicilan KPR tidak boleh lebih dari sepertiga penghasilan bersih Anda.

BI Checking

Jika Anda perlu  mendapat kredit di bank lain, sebaiknya riwayat cicilannya cukup baik. Pasalnya, riwayat kredit di bank lain itu juga akan memengaruhi permohonan KPR Anda. Saat ini ada sistem yang disebut “BI checking”. Melalui sistem tersebut bank bisa melacak Riwayat kredit Anda di bank lain. Sehingga, apabila ketahuan Riwayat kredit Anda jelek, besar kemungkinan pengajuan KPR ditolak meskipun Anda sangat mampu mencicil.

KPR Melalui Developer

Baik juga mengajukan KPR ke bank yang bekerjasama dengan developer. Kemungkinan diterima lebih tinggi karena developer akan mengajukannya bersama konsumen lain secara kolektif. Bank juga senang karena dibantu developer dalam meneliti kelayakan debitor.

Pembelian rumah juga lebih aman karena bank tidak akan begitu saja bekerjasama dengan developer apabila track record-nya jelek. Developer pun berhati-hati memilih konsumen yang akan diajukan KPR-nya, yang benar-benar butuh rumah dan mampu membayar.

Status Rumah

Status rumah juga akan menentukan diterima atau ditolaknya permohonan KPR. Bila yang dibeli dengan KPR rumah pertama yang akan dihuni sendiri, bank cenderung mengabulkan pengajuan KPR-nya meskipun gaji Anda pas-pasan. Pasalnya, untuk rumah pertama orang cenderung akan berupaya keras melunasi cicilannya. Sebaliknya untuk rumah kedua dan seterusnya bank akan jauh lebih ketat. Anda harus benar-benar memenuhi syarat.

Sertifikat

Masalah lain, sering saat KPR lunas sertifikat rumah belum bisa diambil. Penyebabnya beraneka, misalnya, developer nakal, harusnya 3-6 bulan setelah  Anda membayar Bea Balik Nama (BBN), developer sudah memecah sertifikat dari sertifikat induk dan menyerahkannya ke bank penyalur KPR sebagai jaminan kredit.

Pentingnya membeli rumah di perumahan yang dikembangkan developer dengan reputasi bagus, dan mengambil KPR dari bank yang sudah berpengalaman dan professional dalam penyaluran KPR. Dengan pengalaman panjang di bisnis KPR, bank tahu di mana potensi problem dan kiat meminimalisirnya.

Ingin tahu prospek investasi properti di tahun ini? Investasi properti apa saja yang paling menguntungkan saat ini? Serta bagaimana tips dan trik memilih investasi yang paling menguntungkan tahun ini? Ikuti webinar berikut ini!

Mungkin anda juga suka artikel ini:

Lembaga-Lembaga Pendukung KPR

Lembaga-Lembaga Pendukung KPR

Di luar bank ada juga beberapa Lembaga yang mendukung pengajuan KPR khusus untuk kelompok konsumen tertentu. Misalnya,...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *