4 Siklus Pasar Perumahan Di Indonesia

picture
picture

4 Siklus Pasar Perumahan di Indonesia, Apa Saja Ya?

Siklus pasar perumahan selalu mengikuti siklus tingkat suku bunga. Pada siklus perumahan terdapat empat musim, yaitu: pasar penjual (sellers market), pasar lembut (soft market), pasar pembeli (buyers market) dan pasar lemah (weak market). Gelombang siklus pasar perumahan ini terjadi berulang-ulang seperti juga gelombang siklus tingkat suku bunga.

Pasar penjual (Sellers Market)

Sellers market tejadi pada saat suku bunga dan tingkat inflasi berada di titik paling rendah. Jumlah uang yang beredar di pasar meningkat. Permintaaan rumah juga meningkat, namun persediaan rumah untuk dijual tidak mencukupi jumlah permintaan.

Pasar Pembeli (Buyers Market)

Buyers market tejadi pada saat permintaan rumah mulai menurun tajam, tetapi di sisi lain tidak disertai dengan penurunan persediaan di pasar. Di saat seperti ini, permintaan rumah baru dan rumah second melemah secara Bersama-sama.

Pasar Transisi Dari Buyers Market Ke Sellers Market (Soft Market)

Soft market tejadi pada saat pasar sedang bertransisi, dari buyers market ke sellers market. Pasar lembut adalah fase dimana mulai tejadi peningkatan permintaan, tetapi relative diimbangi oleh peningkatan persediaan. Hal ini membuat kenaikan harga yang tejadi akan langsung melibatkan berkurangnya jumlah transaksi, lantaran calon pembeli memiliki lebih banyak pilihan. Fase ini disebut pasar yang seimbang (marketequilibirium), dimana dalam hal ini terdapat keseimbangan antara permintaan dan penawaran.

Pasar Transisi Dari Sellers Market Ke Buyers Market (Weal Market)

Weak market terjadi pada saat pasar berada dalam masa transisi, beralih dari sellers market ke buyes market.  Dalam pasar transisi, keseimbangan kekuatan negosiasi antara penjual dan pembeli selalu berubah.

Ingin tahu prospek investasi property di tahun ini? Investasi property apa saja yang paling menguntungkan saat ini? Serta bagaimana tips dan trik memilih investasi yang paling menguntungkan tahun ini? Ikuti webinar berikut ini!

Mungkin anda juga suka artikel ini:

Lembaga-Lembaga Pendukung KPR

Lembaga-Lembaga Pendukung KPR

Di luar bank ada juga beberapa Lembaga yang mendukung pengajuan KPR khusus untuk kelompok konsumen tertentu. Misalnya,...

Atasi Masalah Kenali Solusi KPR

Atasi Masalah Kenali Solusi KPR

Banyak problem di seputar penyaluran KPR. Seperti permohonan KPR ditolak sehingga DP dipotong dan uang tanda jadi...

KPR Lebih Menguntungkan?

KPR Lebih Menguntungkan?

Ini Alasan Mengapa KPR Lebih Menguntungkan kpr Selain lebih aman, membeli rumah dengan KPR juga lebih menguntungkan...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *